Popular Post

Posted by : WEh Cooperation Sunday, September 25, 2011

Di dalam dunia komputer, ada setidaknya 5 kelas PC Game, yaitu:
  1. Entry
  2. Low-End
  3. Mid-End / Mainstream
  4. Hi-End
  5. Enthusiast
Kelas-kelas ini menandakan seberapa tinggi spesifikasi komponen-komponen dalam PC Game.
PC Game jelas lain dari PC Office karena PC Office biasanya memiliki spesifikasi lebih rendah dari PC Game. Ini dikarenakan PC Office hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi ringan seperti Ms. Word, Excel, Power Point, dll. Lain lagi dengan PC Multimedia. Spesifikasi PC yang satu ini bisa sama dengan PC Game karena aplikasi yang dijalankan juga tergolong berat, misalnya Autodesk, Photoshop, Adobe Premier, dll.

Oke, sekarang kita kembali ke persoalan awal yaitu kelas-kelas PC Game. Saya akan membahas satu persatu masing-masing kelas.
*Data-data dibawah adalah benar saat artikel ini ditulis


1. Entry Level PC Game


Contoh Spesifikasi :

PSU ENERMAX MODU87+ 500W
Processor            AMD Athlon II X2 265
HSF : Stock HSF
Motherboard     ASUS M5A97
Graphic Card       GIGABYTE GV-N430OC-1GL
RAM                    CORSAIR XMS3 (TW3X2G1333C9A)
HDD                     Hitachi Desktar 500GB
Chassis                Xigmatek Asgard


Kelas ini adalah kelas terendah pada PC Game. Pada kelas ini, setiap komponennya dipilih berdasarkan Price/Performance Ratio yang tinggi. PC Game ini tentu saja memiliki harga yang terjangkau. Spesifikasinya cukup untuk dapat memainkan sejumlah game dengan resolusi HD (1280x720). Graphic Card nVidia GT 430 seri OC dari Gigabyte sudah siap mendukung resolusi tersebut, diimbangi dengan processor dual core berkecepatan 3,3GHz. RAM berkapasitas 2GB dengan konfigurasi Dual Channel akan menjamin kelancaran game-game anda. HDD berkapasitas 500 GB memuat segala jenis game yang anda install tanpa khawatir space tidak cukup. Sementara itu, chassis Xigmatek Asgard memberikan "rumah" yang nyaman untuk PC anda. Dengan jumlah fan yang cukup dan airflow yang benar, komponen PC anda dijamin tidak akan mengalami overheat. Kelas PC Game ini cocok untuk membuat Game Center (warnet) dengan game-game online seperti Point Blank, Ayodance, RF, World of Warcraft, dan game online lainnya.

2. Low-End Level PC Game


Contoh spesifikasi :


PSU ENERMAX MODU87+ 700W
Processor            INTEL Core i3 2100
HSF  : ZALMAN HCP-01
Motherboard     ASUS P8Z68-M PRO
Graphic Card       GIGABYTE GV-N450OC-1GI
RAM                    CORSAIR Dominator (CMP4GX3M2A1600C9)
HDD                     WESTERN DIGITAL Caviar Black 750GB
Chassis                THERMALTAKE Dokker

Komponen yang dipilih pada kelas ini memiliki performa 1 tingkat lebih tinggi dari Entry Level, walaupun tetap pada patokan  Price/Performance Ratio. Processor yang digunakan adalah Intel seri Core i3 2100 Sandy Bridge. Generasi terbaru processor ini mampu memainkan game-game pada resolusi menengah dengan setting grafis maksimal. Didukung Graphic Card nVidia GTS 450 dengan memory 1GB, game anda pun akan semakin lancar dimainkan. Lagipula, Graphic Card ini sudah mendukung DirectX 11. RAM dari produsen ternama, Corsair, berkapasitas 4GB sudah lebih dari cukup untuk menampung memory game anda. Dapat anda lihat pada kelas ini, pendingin (HSF) processor sudah diganti dengan HSF dari merk lain, yaitu ZALMAN. Tujuannya tentu saja agar suhu processor tidak melonjak. Chassis THERMALTAKE Dokker dapat menjadi pilihan karena ruang yang lega dan sirkulasi udara yang baik.

3. Mid-End / Mainstream Level PC Game


Contoh Spesifikasi :


PSU : ENERMAX REVOLUTION85+ 850W
Processor            INTEL Core i5 2500
HSF  DEEPCOOL ICE MATRIX 600
Motherboard     ASUS P8Z68-V
Graphic Card       MSI N560GTX-Ti Hawk
RAM                    CORSAIR Dominator GT (CMT4GX3M2A2000C8)
HDD                     WESTERN DIGITAL Caviar Black 1TB
Chassis                THERMALTAKE Element V Black

Mulai dari kelas ini, komponen yang dipilih tidak berdasarkan Price/Performance Ratio, tapi berdasarkan Performance saja. Sesuai namanya, kelas ini berada di tengah-tengah. Untuk alasan itulah, orang-orang biasanya membeli spesifikasi sekelas ini untuk PC Game pertama mereka. Processor Intel Core i5 didampingi Graphic Card nVidia GTX 560 Ti akan dengan mudah memainkan game dengan setting menengah pada resolusi Full HD (1920x1080). Meskipun tidak semuanya termasuk game kelas berat. Perlu diingat bahwa Graphic Card ini telah mendukung DirectX 11, sehingga game sekelas Crysis 2 pun bisa dimainkan dengan lancar pada resolusi dan setting menengah. Kapasitas RAM memang sama dengan kelas sebelumnya, tapi jangan salah, kecepatan RAM pada kelas ini jauh lebih cepat. HDD tidak perlu ditanya lagi, seri Black dari WDC akan memberikan kecepatan read dan write yang mumpuni. Chassis pun menggunakan ukuran Full Tower agar setiap komponen dapat dipasang dengan leluasa dan mendapat sirkulasi udara yang cukup.

4. Hi-End Level PC Game

Contoh Spesifikasi :


PSU ENERMAX Revolution 85+ 1020W
Processor            INTEL Core i7 2600K
HSF  COOLER MASTER V6 GT
Motherboard     ASUS Maximus IV Extreme-Z
Graphic Card       MSI N580GTX Lightning Extreme Edition
RAM                    CORSAIR Dominator GT (CMT8GX3M2A1866C9)
HDD                     WESTERN DIGITAL Caviar Black 2TB
Chassis                THERMALTAKE Element V NVIDIA Edition

Dilihat dari spesifikasinya saja, kita sudah tahu bahwa tidak semua orang mampu membeli komputer ini. Ya, ini adalah komputer kelas Hi-End. Power Supply yang melebihi 1000W menandakan bahwa komponen-komponen di dalamnya rakus akan daya listrik. Menggunakan processor kelas tertinggi dari generasi Sandy Bridge saat ini, membuat PC ini sangat hebat. Seri 2600K telah meng-unlock multiplier core-nya sehingga memudahkan anda meng-overclock Processor ini. Untuk itulah diperlukan HSF Cooler Master V6 GT. HSF ini sanggup menahan suhu Processor dibawah 50 derajat Celsius saat Full Load. Graphic Card pada PC ini pun istimewa karena merupakan GTX 580 seri Extreme dari MSI. Bukan hanya memiliki performa luar biasa, Graphic Card ini juga memiliki banyak fitur eksklusif dari MSI. Untuk kelas ini, saya yakin semua game kelas berat dapat di-render dengan lancar pada resolusi Full HD dan setting maksimal. Kapasitas RAM bertambah 2x lipat dari kelas sebelumnya, dengan kapasitas sebesar itu, tak perlu dijelaskan lagi bagaimana kemampuannya. Apakah menurut anda, PC kelas ini sudah tidak masuk akal untuk dibeli ? LIHAT LEVEL SELANJUTNYA !

5. Enthusiast Level PC Game


Contoh Spesifikasi :


PSU ENERMAX Revolution 85+ 1250W
Processor            : INTEL Core i7 990X
HSF  CORSAIR H80
Motherboard     : ASUS Rampage III Black Edition
Graphic Card       : 2x ZOTAC GeForce GTX 590 (SLI Mode)
RAM                    : CORSAIR Dominator (CMP16GX3M4A1600C9)
HDD                     : 2x WESTERN DIGITAL Caviar Black 2TB
Chassis                THERMALTAKE LEVEL 10GT

YAK ! Inilah kelas tertinggi dari PC Game. Processor memiliki 6 Core yang berarti ini adalah Extreme Edition dari INTEL. Seberapa hebat INTEL Extreme Edition itu ? Lihat pada HSF! HSF sudah menggunakan Liquid Cooling yang berarti menggunakan media cairan sebagai pendingin Processor! Bukan udara lagi! Motherboard pun merupakan seri Special Edition dari ASUS yang memiliki segudang fitur, mulai dari banyaknya Port USB sampai fitur yang memudahkan Overclock. Graphic Card ? Menggunakan 2 buah nVidia GTX 590 pada mode SLI, berarti 4x lipat performa dari kelas Hi-End. Dengan 4 GPU dalam 1 sistem, baik game terbaru sekarang ataupun game terbaru pada masa mendatang, mampu dilibas oleh kedua Graphic Card ini. RAM pada PC ini berkapasitas 16GB. Sebut saja memainkan game dan mengkonversi video SECARA BERSAMAAN! (didukung juga dengan kemampuan multi-tasking Processor). HDD menggunakan 2x 2TB = kapasitas penyimpanan super besar : 4TB! Chassis menggunakan seri Level 10 dari Thermaltake yang tak lain adalah seri terbaru dari produsen tersebut. Spesifikasi ini adalah spesifikasi termahal dari seluruh PC dan saya yakin hanya BEBERAPA orang yang mau membeli PC sekelas ini. Andakah salah satunya ?


Yak, sekian informasi yang dapat saya berikan untuk Anda para penggemar komputer mengenai kelas-kelas PC Game. Saya berharap Anda berpikir dulu matang-matang sebelum membeli sebuah PC Game, baik pilihan anda sendiri, ataupun spesifikasi yang saya contohkan diatas. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah akan bermain game-game ringan sekelas DotA, Point Blank, Counter Strike, atau game-game sekelas Crysis 2, Battlefield 3, dan Call of Duty : Modern Warfare 3 ? Pilihan ada di tangan anda.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Thermaltake Core P6 Chassis in UAE, Tempered Glass Snow Chassis in UAE, Mid Tower Chassis in UAE
    https://gccgamers.com/thermaltake-core-p6.html
    Thermaltake Core in UAE, Safe Shopping Multiple Payment Options Express Delivery GCC Gamers Moneyback Guarantee.
    1633505856211-8

    ReplyDelete

- Copyright ©

XTREME RIG (under construction)
- Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -